BERITAGAME HP

Apakah Jual Beli Akun Game Halal Menurut Hukum dan Islam?

104
×

Apakah Jual Beli Akun Game Halal Menurut Hukum dan Islam?

Sebarkan artikel ini
Apakah Jual Beli Akun Game Halal Menurut Hukum dan Islam?
Apakah Jual Beli Akun Game Halal Menurut Hukum dan Islam?

Sebenarnya, apakah jual beli akun game halal?

Di era teknologi dan internet yang semakin berkembang luas ini, macam-macam bisnis baru mulai bermunculan. Apalagi semenjak maraknya dunia game online yang banyak digemari dari seluruh kalangan. Baik itu pria dan wanita, remaja dan dewasa, dan lainnya. Sampai akhirnya, muncul lah bisnis baru yang sebelumnya tidak pernah ada. Benar sekali, jual-beli akun game online.

Namun yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah sebenarnya menjual akun game itu diperbolehkan dan sah di mata hukum? Hmm, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak informasinya yang lebih lengkap di bawah ini.

Apakah Jual Beli Akun Game Halal Menurut Hukum dan Islam?

Jawaban dari pertanyaan apakah jual beli akun game halal yang kami dapatkan sebenarnya memiliki dua perspektif: hukum di Indonesia dan Islam. Kedua hal sudut pandang tersebut akan kami jelaskan secara sederhana agar Anda bisa memahaminya dengan jelas dan tepat.

1. Menjual Akun Game Menurut Hukum Indonesia

Game online seperti Mobile Legends, Dota 2, Genshin Impact, dan lainnya yang memiliki popularitas tinggi di Indonesia, tidak pernah sepi pemain bahkan untuk satu hari pun. Dari sinilah, ladang-ladang cuan baru ditemukan oleh orang-orang yang memang hebat dalam memainkan game tersebut.

Hingga akhirnya, mereka memutuskan untuk membuka bisnis jual-beli akun game yang sudah memiliki rank tinggi, lengkap dengan item game yang sudah dibelinya menggunakan uang asli. Tentu saja, ini akan menaikkan angka harga dari akun game itu sendiri. Akan tetapi, apakah di dalam hukum Indonesia, aktivitas tersebut memiliki nilai positif?

Mengutip penjelasan dari situs hukumonline.com, Roni Gunawan Rajagukguk dari Lembaga Bantuan Hukum Mawar Saron menjelaskan, untuk memastikan keabsahan dari transaksi jual-beli akun game online perlu dipastikan beberapa hal berikut ini:

  • Adanya kesepakatan antara kedua belah pihak (penjual dan pembeli) yang melakukan jual-beli akun game
  • Adanya kecakapan (komunikasi) di antara pihak tersebut
  • Adanya objek atau perihal tertentu mengenai barang yang akan dijual belikan
  • Tidak melanggar peraturan perundang-undangan, kesusilaan, dan juga ketertiban umum

Dengan begitu, Di Dalam Dunia Games jual-beli akun game online bisa dikatakan sah menurut hukum yang ada, jika keempat syarat keabsahan tersebut terpenuhi. Selain itu, akun game yang dijadikan objek jual-beli menurut hukum kebendaan bisa disamakan dengan benda yang tidak berwujud, yang kepemilikannya menjadi hak milik dari si pembuat akun tersebut.

2. Menjual Akun Game Menurut Islam

Sementara itu menurut Islam yang dijelaskan oleh Syu’bah Ishmatullah, transaksi jual-beli merupakan sesuatu yang diperbolehkan, asalkan memenuhi rukun dan syarat yang ada di dalamnya.

Rukun jual beli yaitu adanya pihak penjual, pihak pembeli, objek yang dijual, dan yang terakhir ijab qabul atau kesepakatan antara penjual dan pembeli. Kemudian terdapat dua jenis syarat:

  • Syarat Umum (terbebas dari ketidakjelasan, kecacatan, keterpaksaan, dan juga terikat dengan waktu) 
  • Syarat Khusus yang meliputi:

– Barang yang diperjual belikan harus nyata (bisa disentuh atau dipegang)

–  Harga awal sudah harus diketahui

– Serah terima objek pembelian harus dilakukan secara terpisah

– Terpenuhinya syarat penerimaan

– Harus seimbang dengan ukuran timbangan (jika menggunakan timbangan)

Barang yang diperjual belikan sudah menjadi tanggung jawab. Dengan kata lain sudah dimiliki dan bukan yang masih ada di penjual lain, atau bahkan barang milik pihak lain

Jadi dalam pandangan Islam menurut Syu’bah Ishmatullah tentang apakah jual beli akun game halal, jual akun beli game adalah mubah (diperbolehkan), akan tetapi kejelasan dari barang tersebut cukup diragukan kepemilikannya. Hal ini dikhawatirkan jika nantinya ada item game yang terhapus ataupun akun yang dibeli tiba-tiba dibanned oleh pihak pengembang.

Namun meskipun begitu, diperjelas lagi bahwa memainkan game di HP Samsung yang bisa main Genshin Impact, tetap menjadi aktivitas yang diperbolehkan asalkan hanya dilakukan untuk menghibur diri.

Akhir Kata

Sebagai kesimpulan dari pertanyaan apakah jual beli akun game halal, jika berpegang pada hukum Indonesia, jual-beli tersebut masih termasuk ke dalam aktivitas yang sah.

Yang terpenting, pihak penjual dan pembeli menerapkan 4 syarat: kesepakatan, komunikasi, ada barang yang dijual, dan tidak melanggar hukum. Sedangkan menurut Islam, jual-beli game masuk ke dalam hal yang diragukan kepemilikannya.